Profil Alumni : Chlara Nikke Darakay

by | Jan 15, 2024 | Profil | 0 comments

(Alumni Fakultas Farmasi UGM).

Shalom, perkenalkan nama saya Chlara Nikke Darakay tetapi biasa dipanggi Lala. Saya lulus dari Fakultas Farmasi UGM dan saat ini berdomisili di kota Jogja. Saat ini saya bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil jabatan Apoteker di Puskesmas Danurejan I.

Semenjak masih berkuliah di Farmasi UGM, saya terlibat di pelayanan Keluarga Mahasiswa Kristen Katolik Farmasi UGM sebagai Koordinator Sie Doa dan di Unit Kerohanian Kristen sebagai Koordinator Divisi Pembinaan. Selain di lingkup kampus, saya juga terlibat di pelayanan Persekutuan Kristen Antar Universitas (Perkantas) Yogyakarta sebagai Koordinator Pelayanan Mahasiswa Kristen Yogyakarta (PMKY) tahun 2015 dan sampai saat ini masih melayani di Perkantas sebagai Sekretaris Badan Pengurus Cabang (BPC) Perkantas. Saya juga melayani di Keluarga Kristen Alumni Gadjah Mada (KKA-GAMA) sebagai Sekretaris periode tahun 2020 – 2022.

Setelah lulus dari Fakultas Farmasi UGM pada tahun 2016, saya sempat bekerja di Apotek dan kemudian lolos tes CPNS pada tahun 2019. Sejak April 2019, Tuhan tempatkan saya untuk melayani dengan ilmu kefarmasian yang selama ini telah saya pelajari di Puskesmas Danurejan I. Saya meyakini bahwa ini merupakan rencana Allah dan Allah memiliki tujuan kenapa saya ditempatkan untuk bekerja di sini.

Tentunya tidak mudah menghadapi perubahan dari sebelumnya bekerja di Apotek dan kemudian bekerja di Puskesmas, apalagi saya masuk ketika sedang masa persiapan akreditasi Puskesmas. Pergumulan saya saat itu juga karena pada tahun 2019 saya sedang mempersiapkan Kamp Nasional Mahasiswa bersama teman-teman Perkantas yang diadakan di bulan Agustus. Di tengah banyaknya hal yang harus dikerjakan, ada masa-masa dimana saya kelelahan dan merasa bahwa saya tidak sanggup untuk mengerjakan ini semua. Namun di masa itulah saya belajar bagaimana Allah senantiasa menguatkan dan menolong saya sehingga pada akhirnya saya sanggup melewati masa itu. Tuhan memberikan kemampuan pada saya untuk mengerjakan semua hal yang harus saya lakukan. 

Ada begitu banyak berkat yang Allah berikan dalam hidup saya. Hal itu membuat saya juga rindu untuk membawa berkat bagi orang dan lingkungan di sekitar saya. Ketika saya bekerja sebagai Apoteker saya tahu bahwa itu adalah kesempatan yang Tuhan berikan agar saya bisa menolong orang-orang yang sakit dengan menyiapkan obat bagi mereka dan memberikan informasi obat kepada pasien. Ilmu Farmasi yang selama ini telah saya pelajari tidak hanya dipendam sendiri tapi bisa dibagikan dan berguna bagi orang lain. 

Pergumulan yang saya alami adalah bagaimana kesibukan pekerjaan terkadang membuat saya kehilangan fokus akan tujuan hidup saya. Tujuan hidup saya adalah agar dapat dipakai Tuhan untuk membawa hormat kemuliaan bagiNya namun ketika kelelahan terasa saya hanya berfokus pada diri saya sendiri. Di masa-masa yang penuh dengan tugas di Puskesmas timbul pemikiran hidup ini hanya rutinitas yang membosankan dan kehilangan tujuan hidup saya. Harapan saya adalah agar di setiap masa kehidupan saya, terkhusus di saat kesibukan kerja melanda, saya tetap dapat berfokus pada Allah dan tetap memiliki relasi yang dekat dengan Allah sehingga saya juga dapat terus mengingat tujuan hidup saya yaitu untuk memuliakan Allah melalui setiap hal yang saya kerjakan.

Hal lain yang juga sedang saya gumulkan adalah bagaimana saya bisa tetap mengerjakan pemuridan. Semenjak siswa saya telah dimuridkan di dalam Kelompok Pendalaman Alkitab yang disebut Kelompok Tumbuh Bersama (KTB). Kerinduan saya adalah agar saya tetap mengerjakan pemuridan ini. Hal yang menjadi tantangan lagi-lagi terkait karena kesibukan pekerjaan sehingga waktu untuk KTB menjadi sulit apalagi karena harus menemukan waktu yang pas untuk KTB bersama adik-adik KTB saya. Harapan saya agar KTB yang sudah cukup lama vakum ini bisa kembali berjalan dan KTB ini bisa menolong saya dan adik-adik KTB saya tetap bertumbuh dalam Kristus.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROFIL KKA

PROFIL Lainnya

Profil Alumni: Dr. Jonas Kristanto, S.T.

Profil Alumni: Dr. Jonas Kristanto, S.T.

Saya, Jonas Kristanto sekarang ini berprofesi sebagai dosen di Departemen Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Masa kecil saya diisi dengan berbagai dinamika di Jakarta yang mendidik saya untuk menjadi pribadi yang disiplin dan gigih. Semasa SD...

Profil Alumni: Pertolongan Tuhan yang Terus Mengalir

Profil Alumni: Pertolongan Tuhan yang Terus Mengalir

(Yekti Asih Purwestri-Alumni Fakultas Biologi UGM). Perkenalkan saya Yekti Asih Purwestri, alumni UGM  angkatan 1989, dari Fakultas Biologi. Terus terang saya tidak aktif di kegiatan PMK ataupun UKK saat menjadi mahasiswa. Lulus dari Fakultas Biologi terbilang...

Profil Alumni :  Dyah Sri Palupi

Profil Alumni :  Dyah Sri Palupi

Perjuangan Seorang Hamba yang Tak Pernah Berhenti (Dyah Sri Palupi - Alumni Fak. Peternakan UGM) Orang Jawa mempunyai suatu istilah “Neng donya mung mampir ngombe” (dalam bahasa Indonesia berarti di dunia hanya berhenti sebentar untuk minum). Ini berarti bahwa hidup...